Tentang Api

Api adalah reaksi kimia berantai yang melibatkan proses oksidasi yang sangat cepat. Diperlukan tiga elemen untuk memicu api : bahan bakar, oksigen (O2),dan panas. Reaksi berantai api akan terjadi bila ketiga elemen ini hadir dalam kondisi & proporsi yang tepat.
FIRE TRIANGLE

Untuk mencegah atau memadamkan kebakaran, cukup memutus salah satu mata rantai reaksi api. SONICK FIRE menggunakan serbuk kimia kering Mono Ammonium Phosphate untuk memutus rantai reaksi api dengan menciptakan penghalang antara oksigen dan sumber bahan bakar. Serbuk kimia kering adalah yang bahan pemadam paling fleksibel dan banyak diaplikasikan untuk memadamkan kelas api A, B, dan C yang merupakan 98% dari api yang timbul pada umumnya.



Fire type A.svg
Api kelas A - "API BIASA" adalah jenis yang paling umum dari api, dan dikelompokkan api kelas A. Api ini terjadi ketika sesuatu yang solid misalnya bahan organik seperti kayu, kain, karet, atau plastik dipanaskan
sampai titik nyala dan terbakar. Pada titik ini material mengalami pembakaran dan akan terus menyala selama tiga komponen dari fire triangle (panas, bahan bakar, oksigen) tersedia.




Fire type B.svg
Api kelas B - Yaitu api yang timbul dari : bahan mudah terbakar atau bahan cair yang mudah terbakar atau bahan bakar gas. Api jenis ini mengikuti fire triangle yang sama (panas, bahan bakar, oksigen). Siraman Air
tidak boleh digunakan untuk memadamkan api jenis ini karena dapat menyebabkan bahan bakar untuk menyebar sehingga akan menyebarkan api secara seporadis. Cara yang paling efektif untuk memadamkan api jenis ini adalah dgn cairan, gas dan serbuk pemadam api.

Class C fire icon.svg
Api kelas C - yaitu api akibat listrik yang berpotensi kebakaran yang melibatkan energi dari peralatan listrik. Api jenis ini dapat disebabkan oleh alat listrik, misalnya hubungan arus pendek atau kabel listrik kelebihan
beban. Kebakaran ini bisa menjadi sangat berbahaya terhadap petugas pemadam kebakaran yang menggunakan air atau bahan pemadam konduktif lain. Listrik dapat mengalir melalui air ke tubuh petugas pemadam kebakaran kemudian ke bumi. sengatan listrik telah menyebabkan kematian banyak petugas pemadam kebakaran diseluruh dunia. Api jenis ini harus dipadamkan dengan Karbon dioksida CO2, FM-200 dan serbuk kimia. Bahkan baking soda sangat cocok untuk memadamkan kebakaran semacam ini.

0 comments :